Mirip Siri, Apple Seret Google Now ke Pengadilan

Jakarta - Perseteruan antara Apple dengan para kompetitornya terus terjadi, bahkan cenderung meluas. Paling baru, pembesut iPad dan iPhone itu siap menyeret Google.

Dalama dokumen yang beredar, Apple siap menggugat Google terkait layanan mesin pencari di Android yang sudah ditambahkan fitur Google Now, yang diklaim mirip dengan Siri dimana sudah dipatenkan oleh Apple. Demikian dikutip detikINET dari Apple Insider, Kamis (23/5/2013).


Dua paten khusus yang berhubungan dengan asisten digital pribadi Siri adalah paten nomor 8.086.604 dan paten nomor 6.846.959, keduanya berjudul 'antarmuka Universal untuk pencarian informasi dalam sistem komputer'.


Pengajuan gugatan ini sudah masuk ke pengadilan di San Jose, Amerika Serikat. Dijadwalkan persidangan perdana akan dilakukan pada 25 Juni mendatang yang dipimpin oleh Hakim Paul S. Grewal.


Sebelumnya, Apple ingin menambahkan Galaxy S4 dalam daftar 22 perangkat produksi Samsung yang diyakininya melanggar paten. Satu dari 22 perangkat tersebut akan diganti dengan Galaxy S4.


Sayangnya tidak dijelaskan pelanggaran apa yang terdapat di Galaxy S4. Sebelumnya, handset andalan Samsung sudah masuk dalam daftar gugatan Apple. Termasuk Galaxy S III dan Galaxy Note II.


(tyo/ash)