Mau Pinjam Game Xbox One? Bayar!

Jakarta - Kebiasaan saling pinjam game tentunya merupakan hal umum di kalangan gamer. Alasannya, sudah pasti menekan pengeluaran ketimbang harus membelinya. Namun kebiasaan tersebut sepertinya akan jadi berliku pada Xbox One.

Sebab, Xbox One mewajibkan gamer menginstal game yang telah dibelinya dalam hardisk drive (HDD) konsolnya. Saat proses instalasi tersebut, gamer akan diminta memasukan sederet serial number yang dapat ditemukan pada kemasan game.


Setelah serial number dimasukkan, Xbox One akan memverifikasinya menuju akun Xbox Live milik gamer melalui sambungan internet.


Metode ini dapat dipastikan akan menghalangi pemilik Xbox One lain yang ingin menginstal kepingan game blu-ray yang sama pada konsol miliknya. Namun seperti dikutip detikINET dari Wired, Kamis (23/5/2013), Microsoft mengklaim tetap memberikan kemudahan.


Caranya, pemilik Xbox One lain dibolehkan menginstal kembali kepingan game blu-ray yang telah diinstal pada konsol miliknya, namun penginstal kedua bakal dikenai sejumlah biaya tambahan untuk mengaktivasi game tersebut.


Meski belum jelas berapa besaran biaya tambahan yang harus dibayarkan oleh penginstal game kedua dan seterusnya. Setidaknya hal tersebut cukup meringankan gamer daripada harus membelinya dengan harga penuh.


Baca juga:

-. Ini Fitur Unggulan Xbox One

-. FotoINET: Xbox One, Lebih dari Sekadar Konsol Game

-. Mengintip 'Dapur' Xbox One

(ash/ash)