Twitter Terapkan Keamanan Ganda

Jakarta - Beberapa bulan lalu beredar rumor mengenai sistem keamanan ganda pada login Twitter. Situs mikroblogging ini akhirnya benar-benar merilis opsi tersebut untuk diterapkan di layanannya.

Lebih aman, sistem ini mengharuskan pengguna tak hanya memasukkan username dan password ketika akan login, tetapi juga ditambah dengan kode verifikasi yang akan dikirimkan melalui pesan ke ponsel mereka.


"Kami memperkenalkan fitur keamanan baru untuk melindungi akun Twitter Anda lebih baik, yakni login verification," jelas Twitter seperti dikutip dari Softpedia, Kamis (23/5/2013).


"Ini adalah otentikasi dua lapis. Ketika Anda login ke Twitter.com, akan ada pengecekan kedua untuk memastikan bahwa yang mengakses adalah benar-benar Anda," lanjutnya.


Untuk bisa menggunakan opsi ini caranya cukup mudah. Pilih halaman 'Accounts Settings' di Twitter lalu pilih 'Require a verification code when I sign in'. Anda akan diminta untuk mendaftarkan nomor ponsel dan alamat email untuk itu.


Nantinya, kode verifikasi akan diterima melalyi ponsel. Nah, kode itulah yang harus dimasukkan ketika mengakses Twitter. Untuk lebih jelasnya, Anda bisa melihat tutorialnya melalui video berikut.


(rns/ash)