NetApp-Citrix Jabat Tangan untuk Komputasi Awan

Jakarta - Makin besarnya permintaan terhadap solusi komputasi awan di dunia membuat kedua produsen raksasa ini bersatu. NetApp dan Citrix, keduanya sepakat untuk menginterasikan berbagai solusi berbasis cloud computing.

Kerjasama yang dimaksud termasuk menyatukan teknologi virtualisasi desktop dan aplikasi, yakni penggabungan rancangan dalam sebuah plug-in agar pelanggan dengan cepat menggunakan solusi virtualisasi desktop yang lengkap. Solusi ini bisa mengantarkan aplikasi secara instan, sekaligus mengurangi pengeluaran biaya keseluruhan.


Kemudian ada juga kerjasama dalam bentuk kolaborasi mobile. NetApp dan Citrix sepakat untuk membantu karyawan untuk tetap terhubung dengan Citrix ShareFile, teknologi yang memungkinkan divisi TI untuk menyediakan layanan terkait mobilitas kerja.


Selain itu di dalamnya juga ada NetApp Recovery Manager for Citrix ShareFile. Software baru ini secara sepenuhnya mengotomasi pemulihan berkas dan folder pengguna dari salinan SnapshotTM berbasis storage NetApp langsung dari dalam antarmuka pengguna ShareFile.


Teknologi cloud juga tak luput dari perhatian NetApp dan Citrix, karena mereka sependapat bahwa komputasi awan kian dibutuhkan bagi para pekerja mobile.


Maka dengan Citrix CloudBridge, para pengguna dijanjikan dapat mencapai tingkat replikasi data yang lebih cepat untuk solusi storage NetApp. Bersama-sama, NetApp dan Citrix CloudBridge menawarkan lingkungan storage berbasis cloud.


Kerjasama dalam menyediakan tiga teknologi tersebut diharapkan dapat lebih meningkatkan efiesiensi storage sekaligus menjawab tantangan soal oprasional tanpa henti.


"Perusahaan kelas enterprise sedang berada dalam tekanan luar biasa. Lewat kerjasama dengan NetApp, kami mendorong visi untuk mengubah cara pelanggan kami mengelola layanan TI dengan kolaborasi," kata Bob Schultz, Group Vice President and General Manager, Enterprise Desktops and Applications, Citrix. Dalam keterangan yang diterima detikINET, Minggu (26/5/2013).


(eno/eno)