Toshiba Produksi Chip Memori Terkecil di Dunia

Tokyo - Toshiba telah selesai menggarap generasi kedua prosesor 19 nanometer-nya. Chip memori NAND 64 gigabit ini mulai memasuki tahap produksi massal di akhir bulan ini.

Seperti dikutip detikINET dari Cellular-news, Rabu (22/5/2013), NAND flash memory adalah komponen penting untuk berbagai produk konsumer, termasuk kartu memori, smartphone, tablet dan notebook.


Menggunakan teknologi baru, Toshiba mengembangkan NAND memory chip 2 bit per cell 64 gigabit yang diklaimnya terkecil di dunia. Besarnya saja hanya 94 milimeter persegi.


Memanfaatkan metode high speed writing yang unik, chip generasi terbaru ini bisa mencapai write speed hingga 25 megabytes per detik. Ini adalah yang tercepat di kelas chip 2 bit per cell.


Toshiba juga mengembangkan chip 3 bit per cell dengan menggunakan proses teknologi yang sama. Untuk produk yang ini, Toshiba menjadwalkan produksi massal di kuartal kedua dalam tahun fiskal ini.


Selain itu, Toshiba akan mulai memperkenalkan apa yang disebutnya multi level cell chip 3 bit untuk smartphone dan tablet dengan mengembangkan kontroler yang kompatibel dengan eMMC.


Selanjutnya, Toshiba berniat memperluas aplikasi untuk PC notebook dengan mengembangkan kontroler yang kompatibel dengan SSD (solid state drive).


(rns/rou)