Bisnis Pulsa Elektrik Kena Imbas Jaringan Tumbang

Samarinda - Tidak hanya di Jabodetabek, layanan Indosat juga tumbang di Kalimantan. Mulai dari layanan pesan singkat, suara hingga layanan data. Bahkan bisnis pulsa elektrik Indosat juga terkena imbas tumbangnya layanan Indosat.

Pantauan detikINET di layar ponsel sejak Rabu (2/4/2014) malam kemarin sekitar pukul 22.00 WITA, indikator 2G maupun 3G mulai hilang timbul ditambah sinyal yang kerap naik turun.


Praktis layanan data pun tidak bisa digunakan dan berlangsung berjam-jam. Puncaknya, pagi tadi sekira pukul 07.00 WITA juga seluruh layanan Indosat tidak dapat digunakan sama sekali. Pun demikian ketika detikINET mencoba melakukan pengisian pulsa melalui SMS banking dan voucher elektrik.


"Tidak bisa isi pulsa elektrik Indosat. Gangguan dari jam 6 pagi tadi. Sama sekali tidak bisa dipakai menelpon, SMS dan ini buat isi pulsa," kata salah seorang wanita pemilik konter pulsa di Jl M Yamin, Samarinda, Kalimantan Timur, Kamis (3/4/2014).


Gangguan serupa juga dialami user Indosat lainnya. Amrullah, warga Jl Dahlia, pun mengeluhkan gangguan layanan Indosat sejak semalam. Dia sempat mengira bahwa aktivitas posting di layanan pesan instant benar-benar sepi dari postingan anggota grup.


"Biasanya kan ramai postingan di grup BBM dan WhatsApp Messenger saya setiap malam. Tapi malam tadi kira-kira jam 11 malam saya kira sepi ternyata tidak ada indikator 3G di layar iPhone saya artinya data tidak bisa jalan. Ternyata ya Indosatnya yang bermasalah," ujar Amrullah.


"Dari pagi tadi juga sama sekali tidak bisa digunakan menelpon dan SMS. Sampai sekarang ini juga tidak bisa digunakan. Ada apa ini? Relasi saya di Kalimantan Utara juga tidak bisa saya hubungi sama sekali. Indikator sinyal ada tapi ya tidak bisa digunakan," tambahnya.


"Saya menggunakan layanan SMS gateway. Sayang sekali, nomor operator lain bisa saya kirimin SMS tapi yang nomor Indosat tidak bisa terima," kata salah seorang pengguna Indosat lainnya, Muhammad Ali.


DetikINET berupaya melakukan konfirmasi kepada Head of Indosat Area Kalimantan Ahmad Rusdilfahmi pukul 13.38 WITA siang ini. Namun tetap tidak bisa tersambung dan terdengar "Nomor yang Anda Tuju Tidak Terdaftar".


(ash/ash)