Mengintip Pembuatan 'Layar Ajaib' LG di Perbatasan Korsel-Korut

http://us.images.detik.com/content/2014/04/04/317/lginno2.jpgProses pembuatan layar LG (dok. lg)


Seoul - LG memiliki banyak inovasi dalam pembuatan layar monitor dan panel. Bahkan masuk dalam jajaran terbaik di dunia dari segi kualitas dan teknologi. Bagaimana proses pembuatannya?

DetikINET berkesempatan melihat langsung proses produksi layar tersebut di pabrik LG Display yang terletak di Paju, sebuah kawasan di Korea Selatan, yang berbatasan langsung dengan Korea Utara. Jaraknya sekitar 16 kilometer menuju garis batas dan pos militer negeri tetangga. Dari Seoul, waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 1-1,5 jam perjalanan darat.


Acara kunjungan digelar dalam rangka gelaran Innofest 2014 Asia pada tanggal 1-3 April 2014. Ada puluhan jurnalis dari berbagai kawasan di Asia, mulai dari Taiwan, Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, Kamboja, hingga Indonesia turut serta dalam kunjungan tersebut.


Setibanya di kompleks pabrik besar tersebut, para wartawan diajak untuk menyaksikan video produk-produk unggulan LG, terutama TV. Sejumlah kecanggihan teknologi terkini dipamerkan, seperti televisi Ultra HD, OLED TV, hingga Smart TV terbaru. Laporan penjualan terakhir dan strategi bisnis di Asia pun sempat dipaparkan secara singkat.


Setelah itu, tur pun dimulai dari tempat pameran hasil produk. Salah seorang perwakilan dari General Affairs LG Display, Epic Kim, memandu para wartawan berkeliling area tempat berbagai monitor bikinan LG dipajang.


Dia menceritakan sejarah perjalanan teknologi TV LG, yang berawal dari TV hitam putih, berwarna, hingga kini berteknologi canggih. TV Ultra HD berukuran 105 inch yang berbentu curve jadi benda yang paling mencolok perhatian.


"TV ini akan segera dirilis dalam beberapa waktu lagi. Ini adalah TV Ultra HD curve terbesar di dunia," kata Kim penuh antusias.Next


(mad/ash)