Ini Foto Selfie Pertama di Dunia

Jakarta - Selfie atau memotret diri sendiri sedang ngetren seiring popularitas smartphone. Tentu saja sudah sejak dulu foto jenis selfie eksis. Malah menurut penelitian sejarah, foto selfie pertama di dunia dilakukan lebih dari satu abad silam.

Menurut penelitian yang detikINET kutip dari Huffington Post, Kamis (3/4/2014), selfie pertama dilakukan pada Oktober 1893 oleh pria bernama Robert Cornelius. Robert adalah pria asal Amerika Serikat yang termasuk sosok pionir di bidang fotografi.


Suatu ketika, ia berniat mengambil foto diri sendiri dengan teknik fotografi awal bernama Daguerreotype. Teknik ini diciptakan Louis Daguerre, seorang pria asal Perancis.


Jadilah Robert menjepret foto dirinya sendiri yang disebut-sebut sebagai selfie pertama di dunia. Karena masih rumitnya proses fotografi kala itu, Cornelius perlu waktu 3 sampai 15 menit dalam posisi diam agar kamera menangkap gambar dengan baik.


Sudah tentu gaya selfie Cornelius biasa saja, cenderung formal. Tidak seperti tren selfie masa kini dengan bermacam-macam gaya. Cornelius sendiri kemudian cukup serius mendalami fotografi, bahkan sempat membuka studio foto.


Selain foto Cornelius, ada lagi foto selfie masa lalu yang juga dianggap salah satu yang tertua. Yakni foto Grand Duchess Anastasia Nikolaevna di tahun 1914, di mana dia menjepret diri sendiri di depan kaca.




Artikel terkait:

Deretan Foto Selfie Paling Ekstrim

Serunya Foto Selfie di Academy Awards 2014

Foto Selfie Spektakuler di Alam Liar

(fyk/ash)