Ini Dia Cortana, Siri ala Windows Phone

San Francisco - Seperti yang sudah didengungkan sebelumnya, Microsoft akhirnya mengumumkan kehadiran 'Siri' di Windows Phone yang diberi nama Cortana, bersamaan dengan update Windows Phone 8.1.

"Saya senang kami memperkenalkan asisten digital yang benar-benar pribadi untuk Windows Phone," ucap Vice President Windows Phone Joe Beilfore, di Konferensi Microsoft Build, yang dikutip detikINET dari The Verge, Kamis (3/4/2014).


Cortana menjadi jawaban bagi Microsoft untuk menantang Apple Siri, Samsung S Voice dan asisten digital lainnya. Perangkat lunak ini mampu melakukan perintah dasar seperti membuat janji, melakukan pencarian, memutar musik dan melakukan panggilan.


Tidak hanya itu, Cortana juga mempunyai fungsi seperti Google Now yang mampu 'berpikir cerdas' dengan mempelajari lokasi dan pencarian web berdasarkan kebiasaan penggunanya dan melaporkannya ke pengguna.


Cortana akan hadir terlebih dahulu dalam versi beta untuk pengguna Windows Phone di Amerika Serikat, Inggris dan China baru menyusul ke negara lainnya.

(tyo/ash)