Tantang Android, Microsoft Gratiskan Windows Phone

Jakarta - Salah satu alasan produsen ponsel memilih sistem operasi Android selain popularitasnya yang memuncak adalah lisensi yang digratiskan oleh Google. Kini Android bukan satu-satunya yang menawarkan keistimewaan tersebut, OS Windows Phone pun akhirnya mulai digratiskan oleh Microsoft.

Kabar gembira ini diumumkan langsung oleh Terry Myerson, EVP grup Microsoft OS pada ajang Build Conference yang digelar di San Fransisco, AS. Petinggi Microsoft ini memastikan biaya lisensi penggunaan Windows Phone oleh produsen ponsel ataupun tablet digratiskan sepenuhnya.


Pun begitu Microsoft tetap memberikan batasan. Lisensi gratis hanya berlaku bagi perangkat dengan bentang layar di bawah 9 inch. Artinya, lisensi gratis itu tidak berlaku bagi perangkat Windows Phone dengan ukuran layar di atas 9 inch atau yang biasanya diadopsi oleh tablet multimode.


“Untuk mendorong adopsi aplikasi (untuk Windows Phone) dan mendapatkan lebih banyak pengguna, pada ponsel dan tablet dengan ukuran layar kurang dari 9 inch kami (Microsoft-red) membuat Windows tersedia hanya dengan 0 USD,” ujar Terry, seperti detikINET kutip dari PC Mag, Jumat (4/4/2014).


Menariknya, ternyata tawaran gratis ini tak hanya berlaku bagi Windows Phone saja. Perangkat yang menggunakan Windows 8.1 terbaru juga digratiskan lisensinya. Asalkan perangkat yang menggunakannya juga memiliki ukuran di bawah 9 inch.


Dengan lisensi gratis ini, sangat terbuka bagi produsen ponsel maupun tablet untuk menyodorkan perangkat Windows Phone yang lebih terjangkau. Dengan begitu, kompetisi di segmen bawah pun akan semakin menarik karena tak hanya didominasi oleh Android saja.


Pada even tersebut, Terry sekaligus mengumumkan kehadiran Visual Studio 2013 Update 2 RC yang berguna bagi developer dalam mengembangkan aplikasi berbasis Windows Phone 8.1 maupun Windows 8.1.


(yud/fyk)