Malware ala James Bond Hantui Android

Taipei - Pakar Advanced Persistent Threat Fortinet, Eric Chan, menemukan serangan malware ke gadget berbasis Android makin berbahaya. Pada 2013, untuk pertama kalinya ditemukan serangan terarah pertama pada gadget.

“Targetnya mencuri data dari aktivis hak asasi manusia Tiongkok,” kata Pre-Sales Consulting Director Fortinet Asia Tenggara ini.


Serangan itu dimulai dengan menyusupkan malware ke akun email aktivis hak asasi Tiongkok. Malware itu mengirimkan diri kepada orang-orang di daftar kontak akun aktivis itu.


Berbeda dengan malware biasa, kata Eric, malware ini mengacuhkan kontak aktivis hak asasi manusia yang bukan orang Tiongkok. Dari email itu, malware ini menerobos masuk ke smartphone para aktivis itu dan mencuri data dari gadget itu.


Eric yang bekerja di perusahaan penyedia perangkat keamanan Internet ini memperkirakan ke depannya, malware dan serangan lainnya di gadget berbasis Android akan semakin terarah kepada orang-orang tertentu.


Banyak yang berpikir serangan terarah itu hanya ada di film James Bond. “Jangan salah, mereka akan menemukan Anda, meriset kelemahan Anda, dan menemukan serangan yang paling pas buat Anda,” kata Eric.


Yang memudahkan para penyerang mendapatkan target yang tepat adalah makin aktifnya pengguna gadget Android di rupa-rupa media sosial. Next


(okw/ash)