Hebat! Bocah 5 Tahun Ungkap Lubang di Xbox Live

Jakarta - Apa yang dilakukan bocah ini memang tergolong hebat. Ia berhasil menemukan celah berbahaya pada Xbox Live yang menuntut Microsoft untuk segera menambalnya.

Sebagai bocah yang masih berusia belia, Kristoffer Von Hassel tentu tidak dizinkan oleh orang tuanya untuk memainkan game yang dibuat untuk gamer dewasa.


Apalagi Robert Davies, ayah dari Hassel, adalah salah satu karyawan di sebuah perusahaan keamanan komputer. Jadi ia tahu betul bagaimana menjaga anaknya dari konten yang masih belum pantas.


Makanya, pada Xbox ayahnya terdapat dua akun Xbox Live yang berbeda. Satu akun untuk Hassel yang hanya diizinkan memainkan game anak-anak, dan satu akun lain untuk dirinya tanpa ada batasan bermain game.


Namun betapa kagetnya Davies saat melihat Hassel memainkan Xbox dengan akun miliknya. Anak yang masih lugu tersebut berhasil meretas sistem keamanan Xbox Live agar bisa memainkan game tanpa dibatasi.


Tapi bukannya kesal, Davies malah bangga dengan kelakuan anaknya itu. Dan hebatnya ini bukan pertama kalinya Hassel menunjukkan bakatnya sebagai peretas. Seperti dikutip detikINET dari Khon2, Jumat (4/4/2014).


Pada usia satu tahun Hassel berhasil membuka kunci ponsel ayahnya dengan menggunakan tombol 'home', dan tepat 4 tahun kemudian ia kembali menunjukkan kemampuannya dengan membobol Xbox Live.


Davies akhirnya melaporkan temuan anaknya itu kepada Microsoft. Raksasa software itu pun lekas memperbaikinya dan juga memberikan hadiah kepada Hassel berupa 4 buah game, uang USD 50, dan biaya berlangganan Xbox Live gratis selama 1 tahun.


(eno/ash)