Ini Jurus LG Melawan Samsung

Jakarta - Produk home appliance, elektronik dan ponsel bikinan China kini menjadi ancaman para perusahaan besar dunia seperti LG. Belum lagi kompetisi ketat dari perusahaan serumpun, seperti Samsung. Bagaimana jurus LG melawan mereka?

Jajaran eksekutif LG Asia menjawab pertanyaan di atas dalam acara Innofest 2014 Asia di hotel Grand Intercontinental, Seoul, Korea Selatan, pada 1-3 April 2014 lalu. Ada tiga orang bos LG Asia yang hadir yakni, Wakil Presiden Senior LG Group James Park, Wakil Presiden Senior LG Asia Weon-dae Kim dan Wakil Presiden Eksekutif LG Asia, Ki-wan Kim.


Ketiganya memberi kesempatan pada puluhan jurnalis dari Asia, dari Taiwan, Malaysia hingga Indonesia untuk bertanya tentang LG dan produk-produknya. Sesi tanya jawab ini dilakukan usai presentasi produk inovasi LG terbaru.


Ada dua pertanyaan tentang LG dan kompetitornya. Pertama, tentang strategi LG menghadapi persaingan dari kompetitor sesamanya dari Korsel yakni Samsung, dan kedua tentang persaingan dengan produk China. Untuk dua pertanyaan tersebut, jawaban para eksekutif adalah: diferensiasi!


"Strategi kami untuk melawan persaingan adalah dengan diferensiasi produk dan terus berinovasi," kata Weon-dae Kim.


Weon-dae Kim mencontohkan, produk OLED (organic light-emitting diode) TV yang dibuat oleh LG. Teknologi organik yang digunakan diklaim merupakan satu-satunya di dunia.


Dengan TV OLED, para penonton bisa melihat gambar yang lebih jernih, angle yang nyaman dan warna yang sangat kontras serta detail. "Ini diferensiasi yang kami maksud," imbuhnya.Next


(mad/ash)