Bagaimana Memotret Bangunan Megastruktur?

http://us.images.detik.com/content/2014/04/04/1279/meg1.jpgGarden Bay the Bay Singapura difoto sebagian memberi efek seakan jembatan melayang. (Ari/detikcom)


Jakarta - Bangunan-bangunan super gede, dengan arsitektur yang atraktif dan detil yang rumit. Dari bandara super luas, stasiun kereta 20 peron hingga taman kota modern atau bangunan bersejarah dan kuno. Semua menarik di depan lensa, saat sepi atau sedang ramai.

Persoalannya, bagi yang datang sebagai traveler biasa seperti saya, tanpa persiapan matang seperti tim National Geographic, berdiri di depan bangunan-bangunan megastruktur tersebut membuat serba salah.


Mau motret keseluruhan tetapi akses dan waktu terbatas. Hendak mengambil yang detail namun sangat ramai oleh pengunjung. Belum lagi faktor cuaca, mepetnya waktu atau teman satu rombongan yang tidak terlalu suka menunggu Anda selesai memotret.


Dengan segala keterbatasan, bukan berarti membuat gentar. Sebaliknya, semakin tertantang.


Pertama, lakukan riset singkat tentang destinasi yang bakal dikunjungi. Perhatikan komposisi dan spot yang biasa menjadi langganan pemotretan. Juga waktu pemotretan apakah pagi, siang atau sore hingga malam. Sebab, pengaruh cahaya matahari sangat berdampak besar pada hasil foto, khususnya jatuhnya bayangan.


Kedua, pikirkan spot terbaik termasuk aksesnya. Kalau ada pilihan hotel yang menarik, carilah yang berlokasi di depan atau di seberang 'target' yang menghadap megastruktur. Jika ada opsi lebih spesifik lagi, usahakan mendapat kamar hotel di lantai tertinggi. Tiada lain supaya terlihat overview/landscape megastruktur secara lengkap. Atau bisa mencari restoran cepat saji/kafe yang mempunyai view ke megastruktur.


Ketiga, untuk memperoleh gambaran keseluruhan, tak perlu terburu-buru memasuki bangunan megastruktur. Kalau bangunan itu memang berukuran jumbo, memotret dari jarak 200 hingga 300 meter sudah mewakili keseluruhan. Kalau perlu, lakukan 'orientasi medan' dengan berkeliling umtuk mencari spot terbaik.Next


(Ari/ash)