Sebelum Diusung Apple, Android Sudah Lama Siap 64 Bit

Jakarta - Prosesor 64-bit yang diusung Apple pada smartphone iPhone 5S akan mengawali era baru di industri ponsel. Tak hanya dari sisi hardware, inovasi ini juga akan berpengaruh langsung terhadap impelementasi software.



Disematkannya iOS 7 pada iPhone 5S pun seakan menegaskan, Apple juga telah siap dari sisi software. Namun perlu diketahui, hanya iOS 7 versi iPhone 5S yang secara native telah mendukung komputasi 64 bit. Sementara untuk versi di bawah iPhone 5S, hanya dioptimalkan bagi prosesor 32 bit.




Namun info yang tak kalah menarik juga hadir dari Android. Seperti detikINET kutip dari Phone Arena, Rabu (2/10/2013), Android yangberbasis kernel Linux ini ternyata telah mendukung penggunaan untuk komputasi 64 bit sejak lama.




Analis pun menyebut, sebenarnya sistem operasi Google itu hanya tinggal menunggu perangkat yang mengandalkan prosesor 64 bit saja. Dan mengingat Samsung telah menyatakan bahwa prosesor 64 bit garapannya sudah memasuki tahap final, seharusnya mudah saja bagi produsen asal Korea Selatan ini untuk mengimplementasikan Android pada Exynos 64 bit kelak.




Adapun Exnos 64 bit sendiri kuat diisukan bakal mempersenjatai Galaxy S5. Artinya, sistem operasi Android yang bakal digunakan oleh Galaxy S5 pun dipastikan telah mendukung komputasi 64 bit secara native.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!