Sambut Turis Olimpiade, Jepang Siapkan 'Google Glass'

Tokyo - Jepang telah ditunjuk sebagai tuan rumah Olimpiade 2020. Salah satu operator terbesar di negara Sakura itu pun sudah menyiapkan gadget khusus bagi turis yang datang ke sana.

Adalah NTT DoCoMo yang ingin memudahkan para pengunjung saat menerjemahkan bahasa asing, khususnya tulisan kanji ala Jepang. Kacamata ini agak mirip dengan Google Glass, piranti besutan Google.


Sebenarnya, operator tersebut sudah mengembangkan aplikasi Augmented Reality untuk smartphone yang mampu menerjemahkan teks saat pengguna mengarakan kamera ponselnya.


"Namun itu terlihat tidak natural," tukas teknisi NTT DoCoMo Shinji Kimura seperti dikutip dari WTVY, Kamis (10/3/2013).


"Jadi, alih-alih berjalan dengan mengarahkan ponsel Anda ke tanda-tanda dan hal lainnya, kami berpikiran akan terasa lebih alami jika membuat kacamata yang bisa menirukan cara kita melihat sesuatu di kehidupan nyata," tambah Shinji.


Jadi, saat pengguna memakai headset itu, foto yang diambil dari kamera mungil eye level-nya akan langsung dikirim ke server cloud milik NTT DoCoMo.


Memanfaatkan software penerjemah yang dimiliki, teks itu akan dianalisa secara real time, dan ditampilkan kembali ke viewfinder kecil yang bisa dilihat user sudah dalam bentuk terjemahan.


Shinji menyadari, untuk mempopulerkan kacamata ini, kualitas desain menjadi yang utama. Pihaknyapun berharap bisa membuat piranti tersebut lebih bergaya di masa depan.


Adapun, kacamata itu bisa menerjemahkan tulisan Jepang, Inggris, Korea dan China. Sejauh ini, 'Intelligent Glasses' --nama piranti yang dimaksud, masih dalam bentuk purwarupa.


(sha/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!