Internet Ngebut di KTT APEC 2013

Nusa Dua - Indonesia menjadi tuan rumah KTT APEC 2013 di Nusa Dua, Bali. Untuk mendukung gelaran internasional ini, panitia menyiapkan 700 unit komputer dengan koneksi internet berkecepatan tinggi untuk media center.

Media Center itu terletak di ballroom lantai 1 Bali Nusa Dua Convention Center (BNDCC) 1 di kawasan Nusa Dua, Bali. Berdasarkan informasi dari panitia penyelenggara, media center ini baru akan dibuka secara resmi pada Kamis (3/9/2013) mendatang.


Meski begitu, pada Rabu (2/9/2013) pagi, media center ini sudah bisa diakses. Sebanyak 700 komputer plus ratusan meja kosong yang disertai koneksi LAN atau WiFi sudah bisa dipergunakan. Seluruh komputer berada dalam posisi menyala.


Di sudut sebelah dekat pintu masuk, sekelompok jurnalis asing juga sudah mulai mengakses internet di media center menggunakan kabel LAN. Ketika detikINET mencoba membuka salah satu komputer yang ada, kecepatan koneksi internetnya memang cukup cepat. Merujuk pada data yang diberikan panitia penyelenggara, perangkat-perangkat ini terhubung dengan koneksi internet berkecepatan 5GB.


Selain unit komputer, panitia juga menyiapkan puluhan printer yang berada di masing-masing meja. Di setiap samping komputer juga terdapat pesawat telepon, meski masih belum bisa dipergunakan.


Terdapat beberapa panitia yang mulai pukul 09.00 WITA sibuk melepas plastik dari masing-masing layar unit komputer. "Ini semuanya baru," ujar Rini, seorang panitia.


Meski masih perlu adanya sejumlah sentuhan akhir, media center di BNDCC ini tampak sudah siap menyambut para jurnalis dalam maupun luar negeri yang meliput jalannya KTT APEC 2013.


(fjr/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!