Ketika Industri Pemburu Virus Mulai Bergeliat

Jakarta - Awalnya virus komputer dibuat dari rasa ingin tahu, namun lambat laun program jahat itu mulai memiliki nilai ekonomi. Baik dari sisi pembuat, atau pun para pemburunya.

Tahun 1991 mencatat masuknya perusahaan dengan dana besar masuk ke dalam industri antivirus.


Tercatat Symantec meluncurkan Norton Antivirus pada tahun 1990, Central Point meluncurkan CPAV pada bulan April 1991 yang langsung diikuti oleh Xtree, Fifth Generation dan beberapa perusahaan lain.


Hampir semua perusahaan tersebut mengadopsi program yang diciptakan oleh perusahaan lain (mayoritas dari Israel). Tahun 1991 juga tercatat masalah perkembangan kuantitas virus yang luar biasa (untuk ukuran pada saat itu).


Ingat bahwa pada saat itu belum ditemukan program otomatis pembuat definisi virus untuk mengatasi variasi virus dalam jumlah besar seperti yang banyak digunakan oleh perusahaan antivirus pada saat ini.


Sebagai gambaran, pada akhir 1990 tercatat hanya 200-300 virus dan pada akhir tahun 1991 terjadi penggandaan jumlah virus menjadi 1.000 virus pada akhir 1991.


Tingginya jumlah virus juga berarti meningkatnya pekerjaan rumah bagi pembuat antivirus untuk melakukan analisa dan reparasi kerusakan virus dengan membalik proses perusakan yang dilakukan oleh virus.Next


(eno/eno)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!