Virus Lokal pun Ikut Bergelora

Jakarta - Tahun 2001 adalah awal di mana virus Tahan Air mulai menggelora. Ada beberapa yang tenar, dan tak sedikit di antaranya yang sangat sulit dihapus.

Sebut saja virus patah hati. Program jahat ini menyerang dengan membuat sekitar 500 folder baru dalam komputer.


Virus yang sering disebut 'Linong' ini juga mengirimkan kopi dari dirinya ke alamat-alamat address book anda serta menampilkan pesan I Love You kepada Linongnya setiap hari . Untungnya virus ini berukuran cukup besar sehingga tidak sempat menyebar dengan cepat.


Virus lokal lain yang terdeteksi oleh Vaksin.com adalah Rascal321, JohnMMX (varian Laroux), Torajan dan pada akhir tahun sempat muncul virus Perkasa / Imelda yang disebarkan melalui salah satu mailing list Indonesia.


Selain virus lokal, tahun 2001 ditandai dengan munculnya virus Sircam, awal dari era virus jaringan.


Sircam mampu menyebarkan diri melalui jaringan dengan cepat dan sulit dibasmi, virus ini juga mengirimkan file-file rahasia dari komputer korbannya (file MS Word dan Excel dari My Documents) ke alamat email yang ditemukan pada address book dan cache internet anda.


Vaksin.com sendiri pernah menangani suatu kasus Sircam dimana seluruh anggota jaringan yang telah dibersihkan dari Sircam, karena satu saja dari anggota jaringan terinfeksi dalam waktu singkat semua anggota jaringan terinfeksi lagi.Next


(eno/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!