Ibarat Masuk Tol, Pengguna 4G Takkan Teriak Internet Macet

http://us.images.detik.com/content/2013/10/03/328/masud_460.jpgMas'ud Khamid (dok. Telkomsel)


Nusa Dua, Bali - Dengan teknologi yang lebih canggih, 4G Long Term Evolution (LTE) dipastikan bakal lebih memanjakan pengguna dari sisi kecepatan. Bak sebuah jalan tol, pengguna bakal leluasa untuk ngebut memacu gadgetnya tanpa harus khawatir trafik data macet.

Menurut Direktur Sales Telkomsel Mas'ud Khamid, skema bisnis 4G tidak akan sama dengan teknologi komunikasi generasi sebelumnya. Jika 2G itu lebih menyorot kemampuan dasar telepon genggam seperti menelpon dan SMS, 3G lebih ke soal konektivitas, maka 4G akan lebih maju lagi.


"Yakni 4G akan bermain dari sisi connectivity (konektivitas) berbasis streaming. Karena di sini isu speed (seberapa cepat akses data) sudah tidak ada, maka yang akan tercipta adalah digital bisnis, baik aplikasi dan konten," ujarnya.


"Sehingga kemungkinan pricing untuk connectivity akan bergeser ke pricing aplikasi dan konten dan memunculkan inovator baru dan bisnis-bisnis kreatif. Dimana mereka tidak punya aset tapi punya intellectual property, jadi ini seperti Google, Facebook, Twitter. Itu kan perusahaan yang dibangun berdasarkan intellectual property, asetnya tidak besar tetapi market cap besar," Mas'ud menjelaskan.


Dari sisi operator juga akan mengalami perkembangan. Dari awalnya pure connectivity maka ke depan connectivity akan semakin turun. Seperti SMS sekarang bakal melempem digantikan broadband, dan pada waktunya broadband juga akan digantikan oleh aplikasi dan konten.


"Jadi nanti akan memunculkan peluang bisnis baru dari pihak ketiga. Seperti sharing video, file, bisnis model, siapa buat aplikasi apa, di mana, dijahit di mana," lanjutnya.


"Maka ketika urusan jaringan sudah selesai, maka selanjutnya bertarung soal kreativitas dan itu tidak kenal orang desa, orang kota, dari negara maju, atau negara berkembang. Semuanya selama sudah terkoneksi broadband maka bisa berbisnis, dan itulah nantinya digital economy terbentuk," papar Mas'ud.Next


(ash/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!