Rumitnya Tekstur Potongan Berlian di Oppo R1x

Jakarta - Oppo mengklarifikasi soal alasan molornya peluncuran ponsel terbarunya, R1x. Hambatan bukan lantaran masalah pada proses impor, tapi adanya kendala pada produksi tekstur potongan berlian di R1x yang rumit.

Seri yang diposisikan untuk mengganti Oppo R1 ini memiliki struktur desain yang identik, menggunakan bingkai alluminium alloy dengan material casing dari kaca.


Perbedaannya, pada R1x memiliki pola yang berbeda dengan model sebelumnya terutama pada bagian cover belakang. R1x memiliki 3D diamond pattern, yakni pola yang membentuk potongan berlian dan memiliki warna biru safir.


Untuk mendapatkan pola ini, diperlukan teknik UV Emboss terbaru, Dimana pola potongan berlian dicetak dalam lapisan setipis 0,075 mm kemudian dilindungi kaca anti gores gorilla glass 3 yang mempunyai tingkat kejernihan tinggi.



Tingkat kesulitan pada pembuatan cover belakang inilah menyebabkan produksi R1x sedikit tertunda dan memiliki kemungkinan diproduksi dalam jumlah terbatas.


Oppo memberikan keterangan bahwa untuk mendapatkan efek 3D diamond pattern diperlukan waktu selama 6 bulan untuk mendapatkan hasil yang berkualitas terutama pada warna, area gelap–terang dan kejernihan kaca yang menjamin pola terlihat apabila terkena cahaya.


Pola ini dibuat melalui 13 proses pemolesan berbeda dengan 3 lapisan pengecatan termasuk untuk memperkuat kaca dan menambahkan anti explosion seperti pada tempered glass.


(ash/ash)