Facebook Siapkan Pengganti Google Reader?

Jakarta - Facebook telah menebar undangan ke sejumlah media, bersiap merilis sesuatu pekan ini. Sesuatu yang disebutnya sebagai 'produk baru' yang misterius tersebut membuat penasaran.

Seperti biasanya, undangan yang 'menggoda' untuk melihat sesuatu yang baru kerap menggulirkan berbagai spekulasi. Apa yang akan dipamerkan Facebook? Tentunya bukan lagi ponsel Facebook seperti rumor yang sudah-sudah.


Beberapa waktu lalu, salah satu developer menemukan petunjuk menarik di source code Facebook. Source code itu menyebut RSS feed. Muncullah spekulasi, Facebook akan membuat pengganti Google Reader.


Dikutip dari Softpedia, Senin (17/6/2013), fitur seperti Google Reader mungkin akan kurang populer dipilih oleh layanan jejaring sosial seperti Facebook. Meski demikian, ada banyak orang yang memanfaatkan layanan semacam ini.


Hal ini setidaknya terlihat dari sebuah gerakan yang berupaya mengumpulkan petisi agar Google tak jadi menutup Google Reader. Google sendiri memutuskan untuk menutup salah satu layananya tersebut kabarnya karena dianggap kurang menghasilkan uang dan agar Google lebih fokus pada produk utama mereka.


Nah, sepertinya Facebook berupaya menghidupkan kembali teknologi yang berumur satu dekade tersebut. Meski ada beberapa layanan sejenis yang bisa menjadi pengganti Google Reader, Facebook mungkin saja mengambil kesempatan menggaet para pengguna yang kehilangan Google Reader untuk beralih ke layanan barunya.


Facebook punya cukup modal menggelar layanan semacam RSS feed. Situs besutan Mark Zuckerberg ini punya banyak data mengenai apa yang dibaca dan dibagi pengguna. Selain itu, algoritmanya pun didesain untuk menemukan stories yang paling diminati pengguna.


Penasaran? Kita harus bersabar hingga tiba waktunya Facebook mengumumkan apa sebenarnya 'produk baru' yang dipamerkannya. Rencananya, pengumuman ini akan terkuak di event yang akan digelar pada 20 Juni mendatang.


(rns/fyk)