Singapura Coba Menjegal Taksi Uber

Jakarta - Kehadiran taksi Uber tak hanya dipersoalkan di Indonesia, ternyata juga di Singapura. Meski dibolehkan beroperasi di negeri singa itu, pemerintah Singapura telah mulai melakukan langkah untuk menjegal taksi tak 'bermahkota' itu.

Informasi terbaru menyebut otoritas transportasi darat Singapura (LTA) baru saja merilis aplikasi yang diharapkan bisa menjadi pesaing Uber dengan nama Taxi-Taxi@SG. Jadi dengan aplikasi ini pengguna bisa dengan cepat menemukan taksi terdekat dari lokasinya.


Aplikasi Taxi-Taxi@SG juga memiliki database semua taksi yang ada di Singapura. Sehingga pengguna tak perlu menunggu perusahaan taksi tertentu untuk menghampiri. Menariknya, setelah memilih taksi yang diinginkan, pengguna juga bisa mem-broadcast tempatnya menunggu agar pengemudi taksi bisa langsung menemukan lokasi si pemanggil.


“Dengan aplikasi ini pengemudi taksi juga bisa dengan cepat menemukan penumpang yang membutuhkannya tanpa perlu menghabiskan waktu berputar-putar di jalanan kota,” sebut LTA, seperti detikINET kutip dari The Register, Jumat (28/11/2014).


LTA juga mengatakan sebenarnya tarif yang ditawarkan oleh Uber dan taksi reguler di Singapura selisihnya sangat sedikit. Dengan hadirnya aplikasi Taxi-Taxi@SG diharapkan pengguna kembali memilih taksi reguler ketimbang taksi Uber karena jauh lebih mudah ditemukan.


(yud/ash)