Masih Muda, Huawei Sukses Jadi 'Raksasa'

Shenzhen, China - Sebagai penyedia solusi ICT, nama Huawei Technologies tergolong masih muda. Dari yang awalnya cuma berstatus jago kandang, kini produsen asal China itu sudah mendunia dan melesat jadi 'raksasa'.

Dalam laporan keuangan Huawei sepanjang 2012, produsen ini mampu membukukan total penjualan hingga 220 miliar yuan atau sekitar USD 35,35 miliar. Naik sebesar 8% dari tahun sebelumnya.


Dari angka tersebut, Huawei meraup keuntungan bersih sebesar 15,38 miliar yuan atau USD 2,4 miliar, mengalami kenaikan 36%.


"10 tahun lalu Huawei hanya perusahaan menengah, sekarang kami berkembang menjadi perusahaan besar dalam melayani di segmen carrier network, enterprise dan device untuk consumer," ujar Yonggang Zhu, President Corporate Branding & Communication Huawei Technologies, dalam Huawei Global Analyst Summit yang turut dihadiri detikINET, di Intercontinental Hotel, Shenzhen, China, Selasa (22/4/2013).


CT Johnson, Corporate Controller Huawei Technologies menambahkan, pasar penjualan solusi ICT Huawei diharapkan naik sebesar 10% di masa akan datang.


Ada tiga lini bisnis yang digarap oleh Huawei saat ini, yakni carrier network, enterprise dan consumer untuk device. Dari ketiganya, memang carrier network yang memberikan kontribusi paling besar.


"Beberapa hal yang sudah dan akan kami lakukan adalah melakukan banyak perbaikan dan inovasi termasuk dalam bidang sumber daya manusia," ujar CT Johnson.


Ditambahkan olehnya, hasil bisnis dari divisi carrier network menyumbang 72,7% dari total keseluruhan pendapatan Huawei, dengan pertumbuhan year on year (YoY) 6,7%. Sementara segmen consumer device sebesar 22,1% dengan YoY 8,4%, dan bisnis enterprise baru sebatas 5,2%, tapi melesat YoY sebesar 25,8%.


Dalam laporan yang detikINET terima, sepanjang 2012 lalu, penjualan carrier network menghasilkan pundi-pundi sebesar 160,093 miliar yuan, sedangkan enterprise 11,530 miliar yuan dan consumer device 48,376 miliar yuan.


(tyo/ash)