Apple Tak Boleh Sertakan Galaxy S4 dalam Gugatan

Jakarta - Perang paten di antara Apple dan Samsung kian memanas. Pengadilan wilayah San Jose, Amerika Serikat (AS) menolak permintaan Apple menyertakan Galaxy S4 dalam gugatannya melawan Samsung.

Dalam pernyataannya, Hakim Paul S. Grewal mengatakan, menambahkan produk baru dalam kasus ini akan menggugurkan instruksi sebelumnya dari Hakim Lucy Koh untuk meminimalisasi lingkup gugatan.


"Setiap kali dua perusahaan ini muncul di ruang sidang, pengadilan menghabiskan begitu banyak energi dan waktu. Ini membuat waktu dan perhatian untuk kasus lain tersita," ujar Grewal seperti dikutip dari The Verge, Jumat (28/6/2013).


Gugatan kedua Apple melawan Samsung kali ini meliputi Galaxy Note II, Galaxy S III dan Galaxy Nexus, disamping sejumlah tablet dan ponsel besutan Samsung lainnya. Pada pertengahan Mei, Apple mengajukan untuk menambahkan Galaxy S4.


Perusahaan asal California, AS ini memutuskan untuk tidak membatalkan sejumlah produk yang semula disertakan dalam kasus. Alasannya, Galaxy S4 mempresentasikan dengan jelas pelanggaran Samsung terhadap properti intelektual Apple.


Tapi Grewal lantas menolak permintaan ini. Tampaknya para hakim yang menangani kasus ini sudah hilang kesabaran dengan manuver Apple dan Samsung dalam beberapa tahun terakhir.


Selain itu, di bawah kepemimpinan Presiden Barack Obama, lembaga penegak hukum diminta untuk menindak cepat kasus-kasus paten yang berlarut-larut dan tuntutan kasus yang dinilai tidak perlu.


(rns/ash)