Hadapi Ramadan, Telkomsel Bangun 342 BTS Tambahan

Jakarta - Operator Telkomsel memprediksi akan ada peningkatan trafik seluler di jaringannya maksimal 20%-50% selama musim mudik Lebaran 2013 ini yang didorong lonjakan pengiriman SMS dan akses data.

"Tahun ini kita prediksi trafik naik lebih tinggi sedikit dibanding hari biasa," kata Abdus Somad Arief usai memimpin rombongan network drive test Telkomsel dari Jakarta-Semarang-Solo melalui perjalanan kereta dan bus bersama media, Jumat (28/6/2013).


Dipaparkan, trafik voice diprediksi akan tetap flat, sementara SMS naik 15% dan akses data melonjak 12% dibandingkan trafik normal di hari biasa tahun ini. Telkomsel sendiri melayani lebih dari 125 juta pelanggan nasional dengan infrastruktur jaringan 62.000 base transceiver station (BTS).


"Itu sebabnya hari ini kita lihat kesiapannya, mumpung masih ada waktu seminggu. Sekaligus cek progres penambahan BTS dan record jika terjadi dropcall karena sedang instalasi BTS baru. Beberapa memang harus diperbaiki. Itu sebabnya kita cek jauh-jauh hari," ujarnya.


Untuk menghadapi trafik Lebaran tahun ini, Telkomsel membangun tambahan 342 BTS baru baik 2G dan 3G. Sebanyak 50% di area mudik sepanjang Jawa dan Bali, 40% di area mudik jalur Sumatera, dan 10% sisanya di wilayah timur Indonesia.


"Sekarang on going tinggal beberapa puluh yang belum selesai. Paling lambat dua minggu sebelum Lebaran kami freeze tidak ada lagi kegiatan di network, tinggal optimasi saja. Karena kejar waktu itu maka kita lakukan drive test," papar Abdus Somad, penggila moge yang akrab dipanggil dengan inisial namanya, ASA.


Statistik Uji Jaringan Mudik


Dalam drive test sehari penuh, Nurdianto, head of Radio Network Access Quality Jawa Bali Departemen Telkomsel mengatakan, kualitas jaringan Telkomsel cukup mumpuni karena masih di atas kesuksesan call setup ratio yang diwajibkan Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI).


"Sepanjang jalur mudik, jaringan 3G kami secara coverage sudah 77,61%, sementara untuk 2G 22,39%, dan 92% sudah memenuhi syarat untuk transaksi panggilan. Secara signal level juga sudah kondisi excellent 96%, dan koneksi 98,4% di atas 95% yang diwajibkan BRTI," katanya.


Dalam uji jaringan bersama media melalui jalur kereta dari stasiun Gambir, Jakarta ke Semarang sepanjang kurang lebih 400 km, Telkomsel telah membangun 385 site BTS dengan jarak kerapatan 1 km tiap BTS.


Sepanjang perjalanan yang dilanjutkan dengan menggunakan bus dari Semarang ke Solo, anak usaha Telkom dan SingTel itu juga telah membangun 124 site BTS dengan kerapatan 800 meter antar BTS.


Sepanjang perjalanan, mesin alat uji jaringan Telkomsel melakukan percobaan call attempts sebanyak 249 kali dengan catatan call failure empat kali dan call drop lima kali. Panggilan sempat terganggu karena di beberapa titik memang masih dalam perbaikan, modernisasi instalasi jaringan baru.


Selain mengetes voice dan SMS, Telkomsel juga menguji kemampuan akses datanya secara mobile dalam kecepatan tinggi di kereta dan bus. Dilakukan 180 kali percobaan dengan success rate 97%. Tercatat diperlukan waktu 2,1 detik untuk terkoneksi dengan throughput 838,9 kbps.


"Tahun ini kita siap sambut lebaran. Kita punya confidence sambut lebaran dengan coverage dan performansi jaringan yang sangat bagus," pungkas Nurdianto.


(rou/ash)