Separuh Jalan Telkomsel Menuju 300 Broadband City

Solo - Operator Telkomsel telah separuh jalan menuntaskan pembangunan infrastruktur jaringan selulernya tahun ini demi ambisi menggenapkan 300 broadband city di penghujung 2013 nanti.

Direktur Network Telkomsel Abdus Somad Arief mengatakan pihaknya telah genap membangun dan mengoperasikan 7.500 base transceiver station (BTS) dari target 15.000 site tahun ini.


"Per hari ini total BTS kami sudah 62.000 site yang terdiri 21 ribu 3G dan 41 ribu 2G. Untuk 3G meningkat 80%, sejalan data yang makin tumbuh," kata ASA, panggilan akrabnya, di Solo, Jumat (28/6/2013).


Sebanyak 21 ribu node B untuk BTS 3G yang tersebar dari Sumatera hingga wilayah timur Indonesia, kata dia, mampu melayani kebutuhan akses data pelanggan dengan total bandwidth internet 37.7 Gbps.


"Dengan 62 ribu BTS dan melayani 125 juta pelanggan, sudah pasti kami paling banyak di Indonesia. Hampir dua kali lipat dari nomor dua, baik itu 'si biru' maupun 'si kuning' (XL dan Indosat)," kata Alex Janangkih Sinaga, Direktur Utama Telkomsel.


Menurut Nurdianto, Head of Radio Network Access Quality Jawa-Bali Telkomsel, dengan pembangunan masif ini, itu artinya Telkomsel telah melayani 250 kota dengan teknologi mobile broadband 3G HSPA+ yang mampu menyalurkan akses data maksimal 14,7 Mbps hingga 42 Mbps.


"Seiring pembangunan jaringan, nanti Agustus broadband city kami akan jadi 270 dan di akhir tahun jadi 300 kota dengan kapasitas per user concurrent minimal 256 kbps," tukasnya.


Seiring dengan pembangunan BTS di seluruh wilayah Indonesia, sebagai bentuk kepedulian Telkomsel terhadap masyarakat khususnya di sekitar infrastruktur perusahaan, Telkomsel juga melakukan program community development.


Salah satu yang telah dilaksanakan adalah bantuan pendidikan berupa fasilitas belajar mengajar dan hal lain sesuai kebutuhan spesifik di setiap daerah.


Dalam kesempatan uji jaringan kali ini bersamaan dengan diresmikannya on-air BTS ke 7.500 di 2013, Telkomsel juga menyampaikan bantuan pendidikan bagi sekolah dasar di sekitar BTS di Jawa Tengah.


Donasi sebesar Rp 50 juta ini diserahkan secara simbolis oleh Dirut Telkomsel kepada Kepala Sekolah SDN 1 Penggung, Boyolali yang berada di sekitar BTS Penggung 3, Boyolali Jawa Tengah.


(rou/ash)