3DMark Ice Storm, Standar Baru untuk 'Menyiksa' Android




Jakarta - Bila sebelumnya aplikasi benchmark 3DMark hanya dapat dinikmati oleh pengguna komputer untuk mengetahui kinerja hardware, kini pengguna perangkat berbasis Android juga dapat merasakan pengalaman yang sama.

3DMark Ice Storm adalah sebutan aplikasi benchmark besutan Futuremark yang ditujukan bagi perangkat berbasis Android, iOS dan Windows RT.


Namun bagi pengguna perangkat berbasis iOS dan Windows RT masih harus menunggu karena saat ini Futuremark baru menyiapkan 3DMark Ice Storm untuk perangkat berbasis Android saja.


Bila 3DMark Ice Storm versi Windows RT nantinya bakal menggunakan teknologi grafis Directx 11 yang dibatasi pada fitur Direct3D level 9, maka khusus Android dan iOS, Futuremark mengandalkan teknologi grafis OpenGL ES 2.0


Penasaran? Aplikasi benchmark 3DMark Ice Storm dapat didownload gratis melalui layanan aplikasi Google Play. Tapi baiknya gunakan koneksi WiFi untuk mengunduhnya karena ukuran file yang harus didownload terbilang besar yakni 283 MB.


Saat detikINET coba mencoba menjalankan 3DMark Ice Storm pada perangkat Andoroid, tampilan menu awal aplikasi benchmark tersebut terbilang user friendly. Pengguna hanya perlu memilih ingin menjalankan benchmark dalam setting standar atau extreme.



Pada setting standar, benchmark grafis akan berjalan pada resolusi 1280x720 pixel dengan detail tekstur dan post-processing quality yang berjalan pada seting normal atau medium detail.


Sedangkan bila pengguna Android memilih setting extreme, maka pengujian akan berjalan pada resolusi full HD atau 1920x1080 pixel dengan detail tekstur dan post-processing quality pada setting high detail.



Setelah memilih salah satu setting pengujian, pengguna akan diajak melihat tampilan loading khas 3DMark yang berlanjut menuju proses pengujian tentunya. Pengujian yang dilakukan terdiri dari 3 tahap yakni Graphics Test 1, Graphics Test 2, dan Physics Test.





( ash / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!