Lebaran,Trafik Data XL Naik 32,4%

Jakarta - Seperti lebaran tahun sebelumnya, trafik layanan selular meningkat selama Hari Raya Idul Fitri 1 Syawal 1434H. Operator XL mengalami lonjakan yang cukup besar.

Tahun ini, terjadi pertumbuhan cukup pesat penggunaan ponsel pintar (smartphone) yang didukung beragam pilihan paket layanan Data (data plan). Hal itu mendorong meningkatnya penggunaan layanan messaging application secara signifikan, dan bahkan terlihat mulai menggerus penggunaan layanan SMS.


Ditunjang dengan tersedianya berbagai pilihan messaging application yang dapat digunakan untuk mengirimkan pesan lebaran yang lebih bervariasi dan menggambarkan pesan yang ingin disampaikan seperti Path, Kakao Talk, Facebook, Twitter, LINE, BBM dan

aplikasi messaging lainnya.


"Selama perayaan Idul Fitri, layanan terhadap pelanggan tetap lancar dan tidak mengalami gangguan yang berarti," klaim Ongki Kurniawan, Direktur Service Management XL dalam keterangan tertulis.


Pada hari biasa trafik percakapan: 600 juta menit/hari, SMS: 750 juta SMS/hari & Data: 185 Terabytes/hari. Kenaikan trafik tertinggi di H-1 dan H-2, terjadi pada layanan Data yakni sebesar 32,4% dan 29,7.


Peningkatan trafik tertinggi penggunaan layanan Voice pada hari H Lebaran terjadi pada region Central (Jawa Barat, Jawa Tengah dan DIY) yang rata-rata mencapai 14,9%, disusul region East (Jawa Timur, Bali, Nusa Tenggara) sebesar 7,8%


(fyk/fyk)