Dimotori Nokia, Windows Phone Mulai Menanjak

Jakarta - Dominasi Android dan iOS sebagai sistem operasi mobile terpopuler masih jauh meninggalkan pesaingnya. Namun OS Windows Phone dari Microsoft menunjukkan tanda pertumbuhan yang berarti.

Menurut biro riset IDC, Windows Phone mengalami pertumbuhan paling tinggi ketimbang OS yang lain. Di kuartal 2 2012, ponsel Windows Phone terjual 4,9 juta unit dan melonjak di kuartal 2 tahun ini dengan pengapalan 8,7 juta unit atau naik 77,6%.


OS yang mengimbangi pertumbuhan Windows Phone hanya Android dengan pertumbuhan 73,5%. Akan tetapi, pangsa pasar Windows Phone tetap kecil dengan 3,7%. Bandingkan dengan Android yang memimpin dengan 79,3%. Namun jika pertumbuhannya konsisten, bukan tidak mungkin Windows Phone nantinya menghadirkan persaingan berarti.


Adapun iOS saat ini memegang pangsa pasar 13,2%, menurun dari sebelumnya 17,3%. Penurunan ini mungkin berkaitan dengan belum adanya produk iPhone versi baru.


"Tanpa peluncuran produk baru sejak debut iPhone 5 hampir setahun lampau, pangsa pasar Apple terancam oleh produk anyar dari kompetitor," sebut Ramon Llamas dari IDC. Namun saat produk iPhone baru meluncur, Apple diproyeksi akan menanjak kembali.


Naiknya Windows Phone dimotori pengadopsi utamanya, Nokia yang cukup rajin merilis seri baru dan juga model dengan harga terjangkau. Nokia tercatat meraup persentase 81,6% dari seluruh Windows Phone yang terjual.


"Jelas bahwa Nokia adalah pendorong utama platform Windows Phone dan kami memperkirakan akan terus berlanjut," pungkas Llamas yang detikINET kutip dari TechRadar, Kamis (8/8/2013).


(fyk/fyk)