Washington Post Dijual ke CEO Amazon

Washington - Surat kabar legendaris The Washington Post yang terkenal mengungkap skandal Watergate di AS, dibeli oleh pendiri Amazon yaitu Jeff Bezos. Rencananya, Bezos ingin menyelamatkan koran ini di tengah era internet.

Donald Graham, cucu dari Eugene Meyer yang membeli Washington Post saat masa depresi AS di 1933, mengumumkan penjualan korannya kepada Bezos senilai US4 250 juta atau sekitar Rp 2,57 triliun.


Sebelumnya, Graham yang menjabat Presiden Direktur Wadhington Post Co, tidak pernah menyampaikan rencananya untuk menjual koran tersebut. Namun Graham pernah menyampaikan pendapatan koran yang turun.


Graham mengakui, dia dan keponakannya selaku penerbit Washington Post yakni Katharine Weymoth, saat ini industri koran sedang menghadapi tantangan perkembangnya informasi lewat internet. Dalam 7 tahun berturut-turut, pendapatan WSashington Post turun, dan akhirnya deal ini terjadi.


"Saya bersama Katharine Weymoth dan jajaran direksi, memutuskan menjual koran ini. Setelah dalam beberapa tahun, industri koran menghadapi banyak tantangan, dan kami berpikir mungkin lebih baik ada pemilik baru yang akan mengelola koran ini dengan lebih baik," ujar Graham dalam pernyataannya, seperti dikutip detikINET dari AFP, Selasa (6/8/2013).


Bezos memang telah terbukti jenius di bisnis dan teknologi, dan ini diharapkan bisa membuat Washington Post terus bertahan. Pada kuartal II-2013, koran ini mengalami kerugian operasi US$ 14,8 juta.


Jeff Bezos merupakan miliuner yang mendirikan situs jual-beli ritel terkenal Amazon. Dia membeli Washington Post dan akan melakukan evolusi terhadap koran ini dari bisnis cetaknya. Pembelian ini dilakukannya secara pribadi dan tidak terkait dengan Amazon.


"Internet mengubah hampir semua elemen di dunia bisnis berita. Kami membutuhkan inovasi dan memerlukan sedikit eksperimen," ujar Bezos.


Aset-aset yang didapat Bezos selain Washington Post adalah koran gratis di kereta yaitu The Express, dan koran berbahasa Spanyol El Tiempo Latino.


Washington Post pernah terkenal dengan mengungkap skandal Watergate. Dua wartawan legendarisnya yaitu Carl Bernstein dan Bob Woodward berhasil mengekspos pelanggaran hukum yang dilakukan oleh Presiden Richard Nixon, dan membuatnya mundur dari jabatan presiden pada 1974.


Namun saat ini, sirkulasi atau oplah Washington Post turun 8,6% tahun lalu menjadi 448 ribu eksemplar per hari.


(dnl/eno)