Perkenalkan Mix Radio, Nokia Music Tambah Koleksi Lagu

Jakarta - Nokia melengkapi koleksi lagu di Nokia Music menjadi 18 juta lagu. Dalam kesempatan ini, perusahaan asal Finlandia itu juga sekaligus memperkenalkan layanan musik streaming Mix Radio untuk smartphone Nokia Lumia tipe tertentu, mulai 27 Agustus 2013.

Mix Radio adalah layanan streaming musik gratis yang menawarkan lebih dari 150 mix atau daftar lagu yang disusun oleh tim Nokia. Tim ini sendiri terdiri dari gabungan pakar musik lokal dan internasional.


Seperti dijelaskan Nokia melalui keterangan tertulis, Rabu (7/8/2013), pengguna bisa mendengarkan mix lewat internet, baik dengan jaringan operator ataupun WiFi, mendownload hingga 4 mix favoritnya. Sebagai gambaran, ini sekitar 8 jam musik tanpa jeda iklan. Mix ini bisa dimainkan ketika tidak tersedia koneksi internet.


Mix Radio memungkinkan pengguna untuk membuat mix sendiri dengan memilih tiga artis, dan Nokia akan membikin mix yang diinspirasikan oleh pilihan tersebut. Pengguna bahkan bisa menggunakan koleksi musik mereka sendiri untuk membuat sebuah profil musik guna membikin mix yang benar-benar pribadi. Mereka juga dapat membeli musik favorit dari Nokia Music Store.


"Pengguna Nokia di Indonesia memiliki gairah terhadap konten hiburan mobile, khususnya musik. Dengan menyediakaan jutaan lagu lokal dan internasional bagi pengguna Nokia di Indonesia, kami benar-benar meningkatkan pengalaman hiburan," kata William Hamilton-Whyte, President Director Nokia Indonesia.


"Lewat kolaborasi dengan label musik dalam negeri, Nokia Music juga akan menjadi wadah untuk industri musik di Indonesia semakin berkembang," sambungnya.


Untuk memastikan koleksi yang terdapat di Nokia Music selalu update, Nokia telah bekerja sama dengan label musik internasional maupun lokal. Label musik internasional ternama yang bekerja sama dengan Nokia Music adalah Sony Music, Warner Music dan Universal Music.


Sedangkan untuk memberikan koleksi lengkap dari artis Indonesia, Nokia Music juga bekerja sama dengan label musik dalam negeri, termasuk Aquarius Musikindo, Alfa Records, Digital Rantai Maya, e-Motion Entertainment, Gema Nada Pertiwi, GP Records, Indo Semar Sakti, Keci Music, Musica Studio, Musikator, Nagaswara, Sani Musik, Seven Music, Trinity Optima Production and Virgo Ramayana.


Jumlah ini telah berkembang pesat dari sejak diperkenalkannya Nokia Music di Indonesia pada tahun 2010. Aplikasi Nokia Music dengan Mix Radio tersedia melalui Windows Phone Store untuk pengguna Nokia Lumia. Mix Radio akan tersedia bagi seluruh Nokia Lumia Windows Phone 8, juga untuk Nokia Lumia 900, 800, 710 dan 610.


Dengan diperkenalkannya Mix Radio, Nokia akan mulai menutup layanan berlangganan Nokia Music Unlimited. Detil tentang bagaimana pengguna akan terkena dampaknya bisa dibaca di http://www.nokia.co.id/musiccare.


Sementara itu, para pengguna Nokia tipe tertentu tidak perlu melakukan pembaruan aplikasi dan akan secara otomatis mendapatkan layanan Nokia Music yang ditingkatkan.


Pengguna Nokia Asha 200, 300, 302, 305, 306, 311 dan Nokia Lumia 610 dan 900 yang terdaftar di Nokia Music Unlimited masih bisa menikmati download musik tanpa batas hingga 26 Agustus 2013, dan tentu saja koleksi musik yang telah mereka miliki dapat dinikmati selamanya.


(rns/rns)