Toshiba Bareng SanDisk Bangun Pabrik Chipset

Yokkaichi - Toshiba bekerja sama dengan SanDisk membangun pabrik chipset memory di Yokkaichi, Jepang, yang menelan investasi sekitar USD 4 miliar atau setara Rp 41,2 triliun.

detikINET kutip dari ZDNet (11/8/2013), kedua perusahaan tersebut ingin membangun chip dengan ukuran circuit line 16-17 nanometer (nm). Sejauh ini keduanya dengan pabrik di Yokkaichi memproduksi chipset dengan ukuran 19nm.


Diharapkan, dengan bervariasinya ukuran chip yang dimiliki keduanya akan menghasilkan produk yang mampu bersaing dengan Samsung.


Setelah memulai produksi pada awal tahun depan, kapasitas dari pabrik ini akan ditingkatkan 20%. Dan sebagai bagian dari kesepakatan, masing-masing akan memiliki tagihan untuk pabrik baru ini.


Kerjasama Toshiba dan SanDisk sejak 2009 memang fokus pada produksi NAND flash memory. Bisnis flash memory lumayan menjanjikan bagi Toshiba, namun tidak untuk televisi dan komputer.


Bulan lalu Toshiba mengumumkan akan merestrukturisasi pabrik keduanya dan ingin melakukan penghematan biaya karena menurunnya permintaan.


(rou/rou)