Nokia Network Akuisisi Panasonic

Tokyo - Demi memperluas daerah pasarnya di Jepang, penyedia infrastruktur telekomunikasi Nokia mengakuisisi unit bisnis Panasonic wireless network. Sayangnya, kesepakatan ini tidak diketahui berapa nilainya.

Nokia Network nantinya akan mendapatkan beberapa teknologi yang dipunyai oleh Panasonic wireless network, seperti sistem base station nirkabel untuk operator, bisnis ponsel LTE/3G, dan sistem bisnis peralatan nirkabel lainnya.


"Jepang merupakan pasar utama bagi kami dan perjanjian ini merupakan tonggak utama dalam membentuk hubungan yang lebih erat dengan Jepang," kata Vice President Nokia Network AMEA Ashish Chowdhary, yang dilansir Tech Sport, Jumat (1/8/2014).


Tahun lalu saja, penjualan di Jepang bagi perusahaan yang berbasis di Finaldia itu mencapai 1,39 miliar euro dan merupakan yang terbesar kedua.


Selain meningkatkan efisiensi dan pengendalian mutu untuk pengembangan produk dan R & D, Nokia berharap bahwa kesepakatan itu akan membantu memperkuat pangsa pasar untuk sistem base station dan peralatan nirkabel yang terkait di Jepang.


Kesepakatan itu adalah yang terbaru dalam serangkaian akuisisi kecil yang Nokia telah lakukan menyusul penjualan bisnis handset perusahaan ke Microsoft pada bulan April. Bulan lalu, Nokia Network mengakuisisi pembuat filter radio asal Australia Mesaplexx, diikuti oleh akuisisi perusahaanpenyebaran jaringan SAC Wireless.


(tyo/yud)