Facebook Messenger Digenjot Jadi Mesin Uang

Jakarta - Facebook tampaknya belum cukup puas hanya menghasilkan uang dari iklan yang berseliweran di jejaring sosialnya. Raksasa social media ini masih berniat untuk mencari tambahan fulus dari aplikasi messaging buatannya.

Dari 1,3 miliar pengguna Facebook di seluruh dunia saat ini, tercatat 200 juta di antaranya menggunakan aplikasi tambahan Facebook Messenger untuk mengirimkan 12 miliar pesan setiap harinya.


Angka ini kemungkinan masih akan terus bertambah mengingat Facebook kini mengharuskan penggunanya untuk menginstal aplikasi messaging tambahan terlebih dahulu jika masih ingin ngobrol dengan temannya di Facebook.


Kebijakan ini sudah dijalankan Facebook di Eropa pada April lalu dan mendapatkan respons positif. Alasan yang diapungkan Facebook dalam pernyataan resminya, jika aplikasi diunduh terpisah kinerjanya dalam berkirim pesan menjadi lebih cepat.


Potensi ini jelas bisa jadi ladang duit di kemudian harinya. Apalagi jika melihat pergerakan Facebook yang belum lama ini merekrut mantan Presiden PayPal David Marcus untuk mengisi posisi Vice President di unit Messenger milik Facebook.


Seperti detikINET kutip Phone Arena, Sabtu (2/8/2014), Facebook disinyalir akan berusaha mendapatkan uang dari aplikasi messenger setelah menjadikannya fasilitas pembayaran.


(rou/rou)