Petisi Online Dukung Onno Jadi Menkominfo

Jakarta - Nama Onno W. Purbo disebut-sebut sebagai salah satu kandidat menkominfo di kabinet mendatang. Dukungan mulai berdatangan untuk praktisi TI tersebut, antara lain dalam bentuk petisi online.

Petisi itu diposting di website change.org. Dengan judul 'Dukung Onno W Purbo Turun Tangan menjadi Menteri Informasi dan Teknologi', petisi online tersebut saat ini sudah mengumpulkan ratusan pendukung.


Nama Onno turut disebut di Facebook Jokowi Center. Di situ ada ajakan untuk memberikan suara dalam poling untuk memilih menteri dalam kabinet yang disebut Kabinet Alternatif Usulan Rakyat. Salah satunya adalah Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo).


Di bagian poling tersebut, ada tiga nama calon yang bisa dipilih untuk menggantikan posisi Tifatul Sembiring, yakni Drs Ferry Mursyidan Baldan, Nezar Patria MA, dan Ir Onno W Purbo M.Eng, PHD.


Onno dikenal sebagai pakar di bidang teknologi informasi. Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981 dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.


Onno sendiri mengaku dirinya tak berminat dan tak pernah bermimpi untuk menjadi menteri. Alasannya sederhana, Onno tak suka jabatan dan tak suka birokrasi.


"Dari dulu cita-citanya jadi guru. Lebih suka melihat orang jadi pinter," ujarnya kepada detikINET.


Kondisi sekarang yang banyak mengicaukan Onno di Twitter untuk menggantikan posisi Tifatul Sembiring sebagai menkominfo pun dianggap sudah seperti serbuan DDOS. "Jujur gak tega sama mereka yang berharap," tandas sang pendekar IT ini.


(fyk/fyk)