Canggih, Konsol Ini Mampu Mainkan Game iOS

Jakarta - Konsol game unik nan keren tak cuma besutan Sony, Nintendo, Microsoft atau para raksasa TI lainnya. Seperti konsol game portabel bernama GamePop ini justru punya konsep berbeda.

GamePop, perangkat yang digarap oleh BlueStacks ini dipastikan bakal memiliki kemampuan untuk menjalankan game maupun aplikasi yang dikembangkan untuk iOS.


Menariknya, BlueStacks tidak menggunakan iOS untuk menjalankan game berbasis iOS, melainkan lewat sebuah proses virtualisasi yang disebutnya 'Looking Glass'.


Proses virtualisasi yang berjalan melalui sebuah software emulator tersebut memungkinkan menjalankan game maupun aplikasi berbasis iOS tanpa perangkat iOS itu sendiri.


Dilansir AllThingsD, Rosen Sharma selaku CEO BlueStacks menjelaskan bahwa GamePop tidak mengandalkan Apple Code -- bahasa pemrograman unik Apple -- di dalamnya.


Dirinya juga mengungkapkan, BlueStacks saat ini tengah menjalin kerjasama dengan para developer iOS untuk juga menghadirkan game garapan mereka bagi GamePop. Sharma juga menyebut GamePop sebagai jalur lain bagi para developer iOS untuk memonetisasi game garapannya.


Sayang, GamePop hanya diperbolehkan menjalankan game iOS yang sudah agak lama waktu rilisnya. Sebab game iOS terbaru masih tersedia secara eksklusif hanya untuk perangkat iOS seperti iPhone dan iPad.


Namun hal tersebut sepertinya tidak akan menjadi masalah, karena tidak hanya game berbasis iOS, ternyata GamePop juga memiliki kemampuan untuk menjalankan game maupun aplikasi yang berbasis Android, sehingga pilihan game dipastikan akan tetap melimpah.


Adapun waktu peluncurannya seperti dikutip detikINET dari Apple Insider (12/6/2013), direncanakan sekitar akhir tahun ini. BlueStacks menjanjikan ratusan game berbasis iOS dan Android yang dapat dimainkan pada konsol game garapannya tersebut pada peluncurannya nanti.


(ash/ash)