Google Sulap Telepon Umum Jadi Hotspot WiFi Gratis

Jakarta - Ketika hampir semua orang sudah mempunyai ponsel, masih bergunakah telepon umum? Terutama ketika telepon umum tersebut mayoritas tidak bisa dipakai dan lebih sering menjadi sasaran vandalisme.

Mungkin itu ide awal Google saat tercetus untuk memodifikasi telepon umum di Amerika Serikat. Perusahaan asal Mountain View itu ingin mengubah telepon umum menjadi WiFi hotspot untuk akses internet gratis.


Hal itu terungkap dari sebuah dokumen di situs milik NYC Information Technology & Telecommunications. Dalam situs tersebut tertulis: "Adopsi ponsel yang telah menyebar luas mengurangi kebutuhan akan telepon umum, meskipun tak semua orang mempunyai ponsel, dan tak semua orang yang punya ponsel punya koneksi internet setiap saat."


Google kabarnya telah mengajukan proposal permohonan di bulan Mei 2014. Namun mereka menutup mulutnya rapat-rapat ketika dikonfirmasi mengenai hal tersebut oleh Bloomberg, seperti detikINET kutip Ubergizmo, Selasa (22/7/2014).


Google sejak lama memang sudah memberi perhatian lebih terhadap jaringan internet. Contohnya adalah dua proyek Google sebelumnya, Project Loon dan Google Fiber.


Project Loon adalah upaya Google untuk memperluas jaringan internet dengan menggunakan balon udara. Sedangkan Google Fiber adalah program Google yang bertujuan untuk memberikan koneksi internet berkecepatan tinggi dengan harga yang terjangkau.


(rou/rou)