MacBook Air 12 Inch Kena Delay?

Jakarta - Apple sempat dikabarkan akan memproduksi MacBook Air dengan ukuran layar 12 inch. Bahkan rumornya, perusahaan asal Cupertino itu akan mulai memproduksi MacBook tersebut di Q3 2014.

Namun berdasarkan rumor teranyar, MacBook Air 12 inch itu tak akan mulai dijual sampai akhir tahun 2014. Hal itu ditulis surat kabar Taiwan Economic Daily News dan dikutip detikINET, Minggu (20/7/2014).


Penundaan tersebut kabarnya disebabkan oleh terlambatnya kehadiran Intel Broadwell. Ya, MacBook Air 12 inch memang diisukan akan menggunakan prosesor 14 nanometer (nm) tersebut. Prosesor buatan Intel itu kabarnya adalah faktor kunci dari perubahan desain MacBook Air ini.


Selain Broadwell, MacBook Air 12 inch itu konon akan lebih tipis dibanding pendahulunya. Penggunaan prosesor Broadwell itu pun kabarnya akan membuat MacBook Air 12 inch ini tak perlu menggunakan kipas sebagai pendingin.


Hal lain yang kabarnya akan diperbarui di MacBook Air tersebut adalah trackpad-nya, yang tak lagi menggunakan tombol mekanik.


Sebelumnya, Apple memang sudah mempunyai paten untuk trackpad tanpa tombol. Trackpad tersebut menggabungkan sejumlah sensor yang akan menghasilkan fungsi serupa dengan trackpad pada umumnya.


(asj/ash)