Lebih Murah dari Rumor, Xiaomi Mi4 Cuma Rp 3,7 Juta

Jakarta - Xiaomi akhirnya meluncurkan smartphone flagship teranyarnya, Mi4. Berbeda dengan rumor yang sebelumnya berkembang, smartphone China itu ternyata menggunakan metal sebagai bahan untuk bodinya.

Seperti dilansir Cnet, Selasa (22/7/2014), sepertinya Xiaomi kembali meminjam desain Apple dalam membuat Mi4. Itu karena Mi4 terlihat mirip dengan iPhone, sama seperti Mi Pad yang desainnya terlihat seperti gabungan iPad Mini dan iPhone 5C.


Spesifikasinya pun sedikit berbeda dengan yang sebelumnya dikabarkan, layarnya 5 inch dengan resolusi 1080 pixel. Prosesor quad core-nya berkecepatan 2,5 GHz Snapdragon 801.


Sementara RAM berkapasitas 3 GB, dengan penyimpanan internal 16 GB, dan baterai 3080 mAh. Kamera depan beresolusi 8 megapixel, sedangkan kamera belakang 13 megapixel.


Mi4 akan menggunakan OS Android dengan skin MIUI khas Xiaomi. Selain itu, mereka berencana akan meluncurkan MIUI v6 16 Agustus mendatang.


Mi4 akan dijual pertama kali di China dengan harga USD 322 (sekitar Rp 3,7 juta) untuk versi 16 GB. Harga ini jauh lebih murah dibandingkan isu yang beredar sebelumnya, dimana menyebut harga Mi4 sekitar USD 499.


Lei Jun, CEO Xiaomi mengklaim bahwa Mi4 adalah smartphone tercepat di dunia. Klaim yang sama juga diajukan ketika Xiaomi meluncurkan Mi3 September 2013 lalu. Lei pun mengatakan bahwa Mi4 akan bisa bertahan selama 1,5 hari dengan penggunaan normal.


Xiaomi berhasil mencuri perhatian publik gara-gara menjual smartphone berspesifikasi tinggi dengan harga yang lebih murah dibanding pesaingnya. Sampai pertengahan tahun 2014, Xiaomi sudah menjual 26,1 juta unit smartphone. Angka itu sudah jauh melewati angka penjualan mereka selama tahun 2013.


(asj/ash)