Onno Pilih Jadi Guru Ketimbang Menteri

http://us.images.detik.com/content/2014/07/25/398/155108_onnowajan200.jpgOnno W. Purbo (detikINET)


Jakarta - Onno W. Purbo cuma punya satu kata saat banyak yang mendukungnya untuk menduduki kursi Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo). Pening!

Menurut mantan dosen ITB ini, dirinya tak berminat dan tak pernah bermimpi untuk menjadi menteri. Alasannya sederhana, Onno tak suka jabatan dan tak suka birokrasi.


"Dari dulu cita-citanya jadi guru. Lebih suka melihat orang jadi pinter," ujarnya kepada detikINET.


Kondisi sekarang yang banyak mengicaukan Onno di Twitter untuk menggantikan posisi Tifatul Sembiring sebagai menkominfo pun dianggap sudah seperti serbuan DDOS.


"Jujur gak tega sama mereka yang berharap," tandas sang pendekar IT ini.


Sebelumnya, Facebook Jokowi Center merilis tiga kandidat untuk posisi menkominfo. Mereka Drs Ferry Mursyidan Baldan, Nezar Patria MA, dan Ir Onno W Purbo M.Eng, PhD.


Onno dikenal sebagai pakar di bidang teknologi informasi. Ia memulai pendidikan akademis di ITB pada jurusan Teknik Elektro pada tahun 1981 dan lulus dengan predikat wisudawan terbaik, kemudian melanjutkan studi ke Kanada dengan beasiswa dari PAUME.


Onno aktif sebagai aktivis open source dan Wajanbolic merupakan salah satu karyanya yang membuatnya menjadi dikenal orang.


(ash/fyk)