Tablet Nvidia Pakai GPU Keppler 192 Core

Jakarta - Nvidia kembali menggebrak pasar perangkat game berbasis Android dengan merilis Shield Tablet. Berbeda dengan pendahulunya, Shield Tablet berbentuk seperti tablet Android pada umumnya. Tak ada gamepad terintegrasi seperti yang dilakukan Nvidia di Nvidia Shield.

Nvidia mempersenjatai Shield Tablet dengan prosesor Tegra K1, yang mempunyai GPU Keppler 192 core. RAM-nya berkapasitas 2 GB. Hasil pengolahan grafisnya akan ditampilkan melalui layar berukuran 8 inch beresolusi 1920 x 1200 pixel.


Secara desain, Shield Tablet ini mempunyai sedikit kemiripan dengan HTC One. Itu karena tablet tersebut mempunyai dua buah speaker di bagian atas dan bawah layarnya.


Shield Tablet juga dilengkapi dengan port mini HDMI yang mampu menghasilkan output video beresolusi 4K. Selain itu ada juga slot micro SD yang bisa digunakan untuk mengekspansi storage hingga 128 GB. Nvidia juga menyediakan stylus pasif bernama DirectStylus 2.


Meski tak terintegrasi dengan gamepad seperti Nvidia Shield, Nvidia juga menyediakan gamepad khusus untuk Shield Tablet. Gamepad tersebut dijual dengan harga USD 59 dan menggunakan konektivitas WiFi direct.


Seperti yang dilansir oleh Pocket Lint, Rabu (23/7/2014), baterai Shield Tablet diklaim bisa bertahan selama 10 jam untuk memutar video. Sementara jika digunakan untuk bermain game hanya mampu bertahan selama 2-4 jam.


Shield Tablet tersedia dalam pilihan 16 GB WiFi only, atau 32 GB WiFi +4G LTE, yang dihargai USD 299 dan USD 399. Tablet ini pertama tersedia untuk pasar Amerika Serikat, dan di pertengahan Agustus 2014 akan tersedia di pasar Eropa.


(asj/ash)