Indosat Siap Hadapi Lonjakan Traffic Lebaran

Semarang - Selain identik dengan kepadatan di jalan raya, hari raya Idul Fitri identik dengan kepadatan lalu lintas di jalur komunikasi seluler. Jika 10 tahun yang lalu hanya jalur telepon dan SMS yang melonjak drastis, kini jalur koneksi internet pun mengalami hal yang sama.

Tiap operator mempunyai strateginya sendiri-sendiri dalam mengatasi hal tersebut. Bagaimana dengan Indosat, strategi apakah yang diterapkan oleh operator yang identik dengan warna kuning tersebut?


Dalam acara media drive test jaringan baru Indosat 42 Mbps di Semarang (18/7/2014), anak usaha Ooredoo itu membeberkan strategi yang akan diterapkan untuk menghadapi lonjakan lalu lintas tersebut.


Strateginya adalah dengan melakukan modernisasi jaringan di beberapa kota seperti Jabodetabek, Bandung, Sukabumi, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, dan Bali.


Ada beberapa hal yang yang terpengaruh oleh modernisasi jaringan tersebut, antara lain kualitas sambungan telepon yang membaik, meluasnya cakupan sinyal, dan kapasitas telepon, SMS, dan data yang meningkat.


Untuk peningkatan kapasitas lalu lintas data, dilakukan dengan menggunakan teknologi DC-HSPA+ yang diklaim mampu mencapai kecepatan 42 Mbps.


"Modernisasi ini juga mengurangi cost kami, sebab biaya untuk BTS lebih efisien. Itu karena kami sudah mengarah ke go green," ujar Joko Riswadi, Division Head Network Optimization Indosat ke wartawan yang menghadiri acara uji jaringan tersebut.

(eno/eno)