Ponsel 41 MP Nokia Masih Jawara

Jakarta - Nokia 808 PureView mungkin sudah terbilang lawas. Namun soal kualitas foto, ponsel 41 megapixel ini ternyata masih lebih unggul dibanding Galaxy S5, Xperia Z2, dan iPhone 5S sekalipun.

Sebuah percobaan dilakukan perusahaan yang bergelut di bidang grafis, DxOMark. Mereka membandingkan kualitas sejumlah kamera ponsel dengan memperhitungkan beberapa aspek seperti tingkat noise, exposure, keakuratan warna dan autofocus.


Hampir semua ponsel dengan kamera terbaik diikutsertakan dalam pertandingan tersebut, termasuk Nokia 808 PureView yang sudah dirilis sejak dua tahun lalu. Seperti dikutip detikINET dari Android Authority, Kamis (19/6/2014).


Nokia 808 PureView memang bukan ponsel biasa. Di dalamnya terdapat teknologi foto PureView yang diklaim dapat menghasilkan gambar dengan baik. Lalu bagaimana jika dihadapkan dengan Galaxy S5, Xperia Z2 atau bahkan iPhone 5S?


DxOMark menyatakan bahwa kualitas foto Nokia 808 PureView masih juara, lebih baik dari Galaxy S5, Xperia Z2 atau iPhone 5S. Namun soal kemampuan merekam video, ponsel jadul Nokia tersebut memang harus mengakui tiga ponsel di atasnya itu.


Pun begitu, secara keseluruhan Galaxy S5 menduduki peringkat pertama sebagai ponsel dengan kamera terbaik, sedangkan Xperia Z2 berada di posisi kedua, Nokia PureView 808 di posisi tiga, dan iPhone 5S di peringkat 4.



(eno/ash)