Di Flickr, iPhone Kalahkan Kamera DSLR

Jakarta - Kualitas gambar yang dihasilkan oleh kamera smartphone semakin bertambah bagus setiap produsen merilis produk barunya.

Tak sekadar angka megapixel yang digenjot, melainkan fitur tambahan seperti optical image stabilization, kecepatan autofokus, maupun lensa yang digunakan.


Namun smartphone manakah yang paling sering digunakan untuk mengambil gambar?


Untuk menjawab pertanyaan tersebut sebenarnya agak sulit. Namun jika menilik data yang dikeluarkan oleh Flickr, kamera yang paling sering digunakan untuk mengambil gambar yang diunggah ke layanan tersebut adalah iPhone 5.


iPhone 5 tersebut bahkan bisa mengalahkan popularitas kamera DSLR seperti EOS Rebel T3i (600D). Ini bukanlah pertama kalinya smartphone buatan Apple itu mendominasi Flickr, di tahun 2011, iPhone 4 pun menjadi kamera paling populer di layanan berbagi foto milik Yahoo tersebut.


Untuk tahun 2011, seperti yang dikutip detikINET dari Ubergizmo, Minggu (15/6/2014), iPhone 4 bahkan lebih populer dibandingkan kamera DSLR profesional dari Canon, EOS 5D Mk II, dan DSLR entry level dari Nikon, D90.


Sedangkan di tahun 2014, dari lima kamera paling populer di Flickr, empat di antaranya adalah iPhone.


Namun salah satu hal yang patut dipertimbangkan adalah ada kemungkinan kalau pengguna DSLR dan jenis kamera lain selain smartphone lebih memilih situs selain Flickr untuk memamerkan hasil karyanya, seperti devianArt, ataupun 500px.


Jadi, situs mana yang menjadi preferensi Anda untuk memamerkan foto?


(eno/eno)