AMD Mulai Serius Incar Android

Jakarta - Sempat mengungkapkan ketidaktertarikannya menggarap Android dan lebih memilih Windows 8, AMD tampaknya kini berubah pikiran. Seiring kesuksesan Android dan penjualan tablet Windows 8 yang belum mampu menyaingi perangkat 'robot hijau', produsen chip asal Sunnyvale, AS itu pun menyatakan keseriusannya mengincar pasar Android.

"Kami sangat berkomitmen untuk Windows 8, kami rasa itu adalah sistem operasi yang besar. Namun kami juga melihat pasar dan turut melakukan pengembangan untuk Android dan Chrome," demikian kata Lisa Su, Senior VP dan GM unit bisnis global AMD di event Computex 2013 yang berlangsung di Taiwan.


Sayangnya salah satu petinggi AMD tersebut masih belum dapat memastikan kapan waktu kehadiran tablet Android bertenaga chip AMD. Namun dijelaskan olehnya, AMD saat ini tengah gencar menggandeng berbagai pengembang untuk bekerjasama menghadirkan aplikasi yang mendukung chip AMD.


Sebagai pemanasan, seperti dilansir PC World, Sabtu (8/6/2013), AMD dilaporkan telah menyiapkan sebuah emulator yang disebut BlueStacks. Emulator ini memungkinkan pengguna chip AMD untuk menjalankan aplikasi Android pada komputer berbasis Windows.


Temash, yang hadir dalam varian A4 dan A6 dan hanya butuh daya sebesar 3,9 Watt, diduga kuat adalah prosesor yang akan dipercaya AMD untuk mempersenjatai tablet Android berbekal chip garapannya kelak.


(rns/rns)