Korea Utara Stop Layanan 3G Bagi Turis




Ilustrasi (Ist.)


Jakarta - Hanya selang 3 minggu setelah Korea Utara menawarkan akses internet mobile 3G pada turis yang berkunjung ke negaranya, kini tawaran tersebut telah dihentikan.

Dilaporkan, provider 3G tunggal di negara tersebut, Koryolink melakukan penghentian penawaran itu untuk turis yang tinggal dalam jangka waktu pendek, berdasarkan keputusan dari pemerintah.


Mengacu informasi dari perusahaan travel Koryo Tours, tidak ada alasan lebih lanjut yang diberikan pemerintah. "Tidak jelas apakah ini permanen atau tidak," tambah Hannah Barraclough, Tourism Manager di perusahaan perjalanan ini.


Korea Utara diketahui mengisolasi negaranya dari dunia luar. Ases internet untuk warganya juga dibatasi.


Turis yang membeli sim card di sana memang masih bisa memakainya untuk melakukan panggilan internasional, namun akses internetnya tidak tersedia.


Dikutip detikINET dari TechCrunch, Rabu (27/3/2013), orang asing yang mengunjungi Korea Utara pertama kali dibolehkan mendapatkan data 3G uncensored untuk pertama kalinya pada 1 Maret silam. Layanan seperti Twitter dan Skype tersedia saat itu.


Disinyalir, perhatian publik yang tertuju pada banyaknya tweet, foto-foto Instagram serta konten online lainnya yang berasal dari negara itu, membuat pemerintah melakukan penghentian penawaran data tersebut.


( sha / ash )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!