Apple 'Amankan' 48 Paten Baru




(AppleInsider)


San Francisco - Lembaga paten Amerika Serikat (AS), The United States Patent and Trademark Office, mempublikasikan 48 paten baru milik Apple. Paten ini meliputi elemen desain dan komponen pada semua produk yang ditawarkan Apple.

Di antara puluhan paten tersebut antara lain ada yang disebut 'inductive charging using printed coils'. Paten yang didaftarkan pada Juni 2012 ini digambarkan sebagai sistem yang memanfaatkan energi melalui induksi elektromagnetik yang menggunakan kumparan.


Dikutip detikINET dari AppleInsider, Rabu (30/1/2013) melansir, aplikasi paten ini nantinya memungkinkan pengguna menggoyangkan gadget untuk mengisi ulang baterai.


Selain itu, ada integrated touchsreen, yakni desain pada layar dengan touch sensing circuitry terintegrasi dengan kumpulan pixel display. Ini merupakan kelanjutan paten touchsreen in-cell yang diperoleh Apple pada Juli 2012, yang telah dipakai di iPhone 5.


Teknologi in-cell touch memungkinkan Apple membuat gadget yang sangat tipis. Namun penerapan teknologi baru ini sedikit bermasalah dan Apple kabarnya akan memperbaruinya dengan menggunakan teknologi display touch-on.


Ada juga paten menarik yang dirancang untuk menghubungkan perangkat elektronik dengan sepeda. Dalam deskripsinya, disebutkan bahwa perangkat akan menerima output dari sensor yang dipasangkan ke sepeda.


Sensor ini memungkinkan perangkat berkomunikasi dengan perangkat lain. Paten yang didaftarkan sejak 2010 ini digunakan untuk sekelompok pesepeda agar bisa berjalan bersama-sama.


( rns / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!