BlackBerry 10 Tinggalkan Trackpad?




Blackberry Q10 tanpa trackpad (ash/inet)


New York - Kehadiran dua ponsel perdana BlackBerry 10, yakni Z10 dan Q10, memantik pertanyaan baru. Benarkan BlackBerry akan meninggalkan tombol trackpad yang selama ini menjadi trademark vendor tersebut?

Memang belum ada pernyataan resmi dari BlackBerry--yang berganti nama dari Research in Motion-- untuk meninggalkan fungsi trackpad di handset mereka. Namun faktanya, kehadiran Z10 dan Q10 sama sekali tanpa tombol ikonik tersebut.


Z10 hadir dengan layar sentuh, seri ini tampaknya yang akan pertama dilepas ke pasaran. Ia mengusung empat titik multitouch di seluruh bodinya. Tentu saja dengan ukuran 4,2 inch, Z10 hadir tanpa tombol fisik sama sekali.


Nah, lain halnya dengan Q10. Ponsel pintar ini tidak meninggalkan bodi legendaris dengan yang pernah diusung BlackBerry sebelumnya, termasuk tambahan qwerty fisik. Namun dalam peluncurannya di New York, Q10 ini juga hadir tanpa trackpad.


Sekali lagi, belum ada tanggapan resmi dari pihak pembesut BlackBerry mengenai kepastian hilangnya trackpad dari lini produknya.


Namun sepertinya memang BlackBerry di masa depan akan meninggalkan trackpad. Apalagi salah satu tweet dari akun resmi operator T-Mobile sudah memberikan tagline tak resmi 'Goodbye Trackpad, Welcome Touchscreen'.


( tyo / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!