Bidik Segmen EMC, XL Sebar 10 Juta Kartu Perdana




Jakarta - Pengguna seluler prabayar masih menjadi tumpuan XL Axiata di tahun 2013 ini. Untuk menggenjot pendapatan dari segmen prabayar, sang operator pun menyiapkan 10 juta kartu perdana dengan program terbaru di pasaran.

Direktur Marketing XL, Joy Wahjudi mengungkapkan, pada tahun ini perusahaannya akan terus mengekspansi pertumbuhan pelanggan dengan membidik segmen kelas menengah atau emerging middle class (EMC) melalui kartu perdana baru XL Bebas.


"Untuk dua bulan ini kami siapkan penjualannya untuk 10 juta kartu perdana. Kami harapkan ada persentase yang signifikan untuk menjadi pelanggan karena masa berlakunya kartu hingga enam bulan," jelasnya di Jakarta, Selasa (29/1/2013).


Dengan adanya kartu perdana baru ini, XL akan memiliki dua produk di kartu prabayar, yakni XLKU dan Bebas. XLKU diarahkan ke para pengguna tradisional yang membutuhkan suara dan SMS. Sedangkan Bebas diarahkan ke EMC yang suka menggunakan jasa data.


"Kartu baru ini juga untuk menggenjot kontribusi jasa data. Sekarang sekitar 60% dari 42,3 juta pelanggan biasa menggunakan data, kita harapkan bisa tumbuh menjadi 75%," katanya.


Ditambahkan oleh Joy, walau XL sekarang memiliki dua produk, tetapi tidak akan menambah biaya pemasaran yakni tetap alokasi sebesar 5% dari total pendapatan.


"Sedangkan untuk belanja modal kita tak beda jauh dengan tahun lalu yakni sekitar Rp 7 triliun-Rp 8 triliun," pungkasnya.


( rou / fyk )


Tetap update informasi di manapun dengan http://m.detik.com dari browser ponsel anda!